Kamis, 16 Agustus 2012

Kirim Uang Via Western Union

Kirim uang ke luar daerah atau bahkan luar negri bukan merupakan hal yang sulit di jaman ini. Saat ini ada banyak  perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman uang. Salah satunya adalah Western Union. Hari ini saya baru saja mencobanya untuk mengirimkan uang untuk seorang teman di daerah Jawa Barat. Ternyata memang sangat mudah dan cepat.

Western  Union menangani pengiriman dalam skala domestik maupun internasional. Di Indonesia Western Union telah bekerja sama dengan Pos Indonesia, Pegadaian, Indomaret, Bank BII, Bank Danamon, JNE, Bank Saudara, Bank Jabar Banten, Bank BRI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Rabobank, Uang Kita, Bank Jatim, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, Bank Jateng, CIMB Niaga Mikro Laju, Bank Mestika, Andalusia Antar Benua, Bank DKI. Jadi, bisa dikatakan Western Union telah mempunyai jaringan yang sangat luas.

Bagaimana Cara Mengirim Uang?

Cara mengirimkan uang pada Western Union sangat mudah. Ini yang saya dapat dari web resmi western union.

LENGKAPI FORMULIR 'PENGIRIMAN UANG'
Kunjungi lokasi agen Western Union yang paling dekat dengan anda dan isi formulir 'Pengiriman Uang'. Pastikan anda memasukkan seluruh informasi pada formulir dalam Bahasa Inggris dan menggunakan huruf kapital.

TUNJUKKAN FORMULIR YANG SUDAH DIISI LENGKAP, UANG YANG AKAN DIKIRIM, DAN KARTU IDENTITAS YANG MASIH BERLAKU
Berikan jumlah uang yang anda (pengirim) akan kirimkan bersama dengan tarif layanan pengiriman yang sesuai, form yang sudah diisi lengkap, dan kartu identitas anda yang masih berlaku kepada agen. (untuk orang asing: paspor yang masih berlaku)

BUBUHKAN TANDA TANGAN ANDA DAN TANDA TERIMA BUKTI TRANSAKSI
Anda diharuskan untuk menandatangani tanda terima bukti transaksi apabila anda sudah memverifikasi seluruh kelengkapan yang dibutuhkan di dalam tanda terima tersebut. Salah satu detil dalam tanda terima tersebut adalah Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) anda. Anda dapat melihat status pengiriman uang anda secara online dengan menggunakan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) tersebut.

HUBUNGI PENERIMA ANDA
Sekarang waktunya anda untuk menghubungi orang yang akan menerima kiriman uang dari anda, dan beritahu informasi-informasi yang dibutuhkan oleh nya, seperti nama lengkap anda (seperti yang tertulis di formulir 'Pengiriman Uang), jumlah kiriman, Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN), dan negara asal pengiriman uang. Jangan memberitahu detil transaksi anda ini kepada orang lain selain penerima yang sudah anda tunjuk.

LACAK KEBERADAAN UANG ANDA
Silakan pergi ke tautan "PELACAKAN" pada halaman utama dari website ini. Anda dapat melacak status uang anda dengan mengerik nama anda (seperti yang tertera di formulir 'Pengiriman Uang') dan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
Periksa status pengiriman uang anda sekarang.

Anda juga dapat menghubungi (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia) untuk memeriksa status pengiriman uang anda.

Bagaimana Cara Menerima Uang?

Cara Pengambilan Uang juga sama mudahnya. anda cukup mendatangi agen Western Union terdekat dan ikuti langkah sebagai berikut:

PASTIKAN UANG NYA SUDAH SIAP UNTUK DITERIMA OLEH ANDA       
Sebelum anda (penerima) mengunjungi lokasi agen, pastikan bahwa uang sudah siap untuk diambil atau diterima. Bisa dengan menghubungi pengirim anda untuk konfirmasi, atau melacak status pengiriman uang anda secara online, atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan kami di (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia).
   
KUNJUNGI LOKASI AGEN
Jangan lupa untuk membawa informasi berikut:
  • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang).
  • Negara asal pengiriman uang.
  • Jumlah uang yang dikirim.
  • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
  • Kartu identitas asli anda yang masih berlaku dengan foto nya. (untuk orang asing: passport asli yang masih berlaku)
LENGKAPI FORMULIR 'PENERIMAAN UANG'
Lengkapi formulir 'Penerimaan Uang' dan berikan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) dan kartu identitas asli anda yang masih berlaku. (orang asing: paspor yang masih berlaku)

PERIKSA KEMBALI DAN TANDA TANGANI TANDA BUKTI TRANSAKSI ANDA
Anda akan diberikan tanda bukti transaksi oleh agen. Periksa kembali tanda bukti transaksi tersebut dan tanda tangani apabila seluruh informasi sudah akurat.

TERIMA UANG ANDA
Agen kemudian akan memberikan uang dan tanda bukti transaksi nya kepada anda. Transaksi anda sudah selesai. Harap menyimpan uang anda di tempat yang aman.

Ketentuan-ketentuan Khusus Penerimaan uang di Indonesia

  • Penerima harus menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku beserta foto nya dalam setiap melakukan transaksi pengiriman uang. (orang asing: paspor yang masih berlaku)
  • Penerima harus memberitahu Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) yang benar, dimana hal ini merupakan sebuah keharusan di Indonesia. 
  • Fitur "Pertanyaan Tes" tidak berlaku di Indonesia.
  • Pengiriman Uang yang berhubungan dengan perjudian sangat dilarang.
sumber: westernunion.co.id

1 komentar: