Rabu, 15 Agustus 2012

Pengertian email

Apa pengertian email? Email sudah sangat umum digunakan baik untuk penggunaan pribadi maupun bisnis. Kata email merupakan singkatan dari kata electronic mail atau surat elektronik. Singkatnya email bisa dikatakan sarana untuk mengirim pesan/dokumen secara digital untuk satu orang maupun lebih kepada alamat tertentu melalui jaringan internet. Pada email kita dapat mengirimkan banyak hal seperti teks dokumen, gambar, mp3, video dan lainya dengan mudah.

Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai sebuah akun email atau alamat email untuk mengirim surat dan alamat email dari penerima surat. Akun email bisa kita dapatkan melalui situs web yang menawarkan layanan email secara berbayar maupun gratis. Saat ini banyak sekali situs web yang menawarkan layanan email gratis seperti www.yahoo.com, www.gmail.com, www.hotmail.com dan lainnya.

Format dari alamat email berisi dua kata yang mewakili identitas dari pengguna dan penyedia email yang dipisahkan dengan tanda @. Kira-kira seperti ini username@server.domain. username adalah nama id yang dibuat oleh pengguna dan server.domain adalah nama id dari penyedia layanan email. Sebagai contoh: untuk alamat email barisinfo@gmail.com, maka barisifo adalah nama id pengguna sedangkan gmail.com adalah id penyedia layanan email google.

Alamat email terdiri dari huruf-huruf, angka dan beberapa karakter khusus atau gabungan diantaranya. alamat email tidak boleh mengandung beberapa karakter khusus seperti !, #, $, %, &, *, ?.

Penggunaan email mempunyai banyak kegunaan dan kelebihan walaupun ada juga kekurangannya. Kegunaan email yang utama tentu adalah kegiatan pengiriman surat menyurat baik untuk keperluan surat pribadi maupun dokumen pekerjaan. selain itu email juga digunakan untuk mendaftarkan diri pada jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster dan lainnya. atau untuk menjadi anggota sebuah forum web, forum jual beli atau membuat sebuah blog.

Kelebihan pengiriman surat melaui email dibanding pengiriman konvensional adalah dari segi waktu, biaya dan kepraktisan dalam pemakaian. dengan email pengiriman berlangsung cepat dan langsung sampai. kemudian daripada itu kita tidak perlu menggunakan amplop, kertas dan lainnya seperti pada surat konvensional. selain itu pengiriman dilakukan ditempat, kita tidak perlu lagi pergi ke kantor pos untuk mengirim surat. Sangat praktis bukan?

Sedangkan Untuk kekurangannya lebih dari sisi keamanan penggunanya, khususnya untuk email gratis. Pada email banyak kemungkinan pemalsuan identitas pengguna, penyadapan/hack, penipuan dan penyalah gunaan informasi/dokumen apabila terjadi salah kirim. Untuk itu kita harus berhati-hati dalam menggunaan email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar